eprintid: 12228 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 2953 dir: disk0/00/01/22/28 datestamp: 2021-12-21 03:38:56 lastmod: 2021-12-21 03:38:56 status_changed: 2021-12-21 03:38:56 type: conference_item metadata_visibility: show creators_name: KANIADEWI, NITA creators_name: Komara, Cahya creators_name: Tiarsiwi, Fidaniar creators_id: nitakaniadewi@uhamka.ac.id creators_id: cahya.komara@uhamka.ac.id creators_id: shewe87@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0001-7994-8440 title: Pembinaan Hard Skill untuk Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah 11, Jakarta Timur ispublished: pub subjects: LB subjects: PE divisions: 88203 abstract: Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan hardskill (language skill dan teaching skill) guru mata pelajaran bahasa Inggris di SD Muhammadiyah 11. Pengabdian ini melibatkan dosen-dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA sebagai instruktur dan asisten instruktur. Pengabdian ini merupakan rangkaian yang terdiri dari 3 kegiatan, yaitu: (1) Pelatihan Guru; (2) Monitoring Kelas; dan (3) Kursus Bahasa Inggris untuk Guru. Pelatihan guru dilaksanakan selama satu hari; monitoring kelas dilaksanakan sebanyak 10x; dan kursus bahasa Inggris dilaksanakan sebanyak 9x. Untuk mengukur tingkat ketercapaian target, digunakan instrumen berikut ini: (1) pre-test, (2) post test, (3) rubrik monitoring kelas, dan (4) angket. Adapun hasil dari pembinaan ini adalah: (1) 100% peserta mengalami peningkatan pengetahuan tentang ungkapan-ungkapan classroom language; (2) nilai post-test peserta mengalami peningkatan sebesar 26.64% dari nilai pre-test; (3) seluruh peserta mengalami peningkatan pengalaman mengajar bahasa Inggris; (4) 66% peserta mengalami peningkatan kompetensi akademis dan pedagogis sebagai guru bahasa Inggris; (5) ditemukan bahwa kendala terbesar yang dialami oleh guru-guru (terutama guru senior) dalam berbahasa Inggris adalah pronunciation (pelafalan); (6) guru mata pelajaran bahasa Inggris cenderung memperlihatkan penurunan kualitas mengajar di kelas (berdasarkan grafik perkembangan monitoring kelas), namun secara keseluruhan nilai monitoring kelas guru naik sebesar 0.36%; (7) berdasarkan hasil angket, kegiatan pelatihan ini menambah pengetahuan dan pengalaman mengajar bahasa Inggris, meningkatkan kinerja, meningkatkan kompetensi akademis dan pedagogis, serta menjawab permasalahan sehari-hari yang dihadapi peserta di kelas. Untuk itulah seluruh peserta sepakat bahwa kegiatan pelatihan seperti ini perlu terus diadakan. date: 2021-04-20 date_type: published official_url: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/ full_text_status: public pres_type: paper pagerange: 183-195 event_title: Prosiding Seminar Nasional Abdimasmu event_location: UHAMKA, Jakarta Indonesia event_dates: 21 Desember 2019 event_type: conference refereed: TRUE related_url_url: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/6864 referencetext: Chodidjah, I. (2000). Pedoman Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar di Indonesia. Jakarta: British Council. Dahlan, D. (2009). Start Young – Tips dan Trik Sukses di Usia Muda. Jakarta:Grasindo. Nunan, D. (2011). Teaching English to Young Learners. California: AnaheimUniversity Press. Rich, S. (Ed). (2014). International Perspective on Teaching English to Young Learners. New York: Palgrave Macmillan. Suyanto, K.K.E. (2010). English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara. Sya’bani, M.A.Y. (2018). Profesi Keguruan: Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat. Gresik: Caremedia Communication citation: KANIADEWI, NITA dan Komara, Cahya dan Tiarsiwi, Fidaniar (2021) Pembinaan Hard Skill untuk Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah 11, Jakarta Timur. In: Prosiding Seminar Nasional Abdimasmu, 21 Desember 2019, UHAMKA, Jakarta Indonesia. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12228/1/6864-Article%20Text-18774-1-10-20210422.pdf