eprintid: 12 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 5 dir: disk0/00/00/00/12 datestamp: 2016-04-28 04:51:35 lastmod: 2017-08-24 12:12:16 status_changed: 2016-04-28 04:51:35 type: article metadata_visibility: show creators_name: Gunawan, Rudy creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id corp_creators: Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA title: IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME BAGI GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK ispublished: pub subjects: L1 abstract: Kompetensi guru profesional meliputi kemampuan guru mengenal peserta didik yang dilayaninya secara mendalam, menguasai bidang studi secara keilmuan dan kependidikan dalam hal mengemas materi pembelajaran, kemampuan menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik mulai dari perancangan sampai pemanfaatan hasil penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran serta pengembangan profesionalitas yang berkelanjutan. Namun beberapa hasil penelitian memperlihatkan motivasi guru untuk segera ikut sertifikasi bukanlah untuk meningkatkan profesionalime atau kompetensi mereka tetapi terkesan semata-mata untuk mendapatkan tambahan penghasilan melalui tunjangan profesi. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kondisi guru yang bersertifikat pendidik, pengembangan profesionalisme guru di sekolah serta implementasi Pengembangan Profesionalisme Guru. Metode yang digunakan adalah studi kasus sehingga memperoleh deskripsi yang utuh dan mendalam dari sebuah permasalahan. Hasil temuan berdasarkan penelitian terdahulu memperlihatkan bahwa guru belum optimal dalam mengembangkan profesionalismenya, sehingga diperlukan pendekatan model kebijakan yang komprehensip mulai tingkat sekolah sampai ke kementrian sehingga dengan beban kerja yang ada masih tetap mampu mengembangkan profesionalismenya. date: 2011-12 date_type: published publisher: Program Magister Pendidikan IPS STKIP Pasundan Cimahi full_text_status: public publication: SOCIUS Jurnal Pendidikan IPS number: 4 pagerange: 295-308 refereed: TRUE issn: 2086-0633 citation: Gunawan, Rudy (2011) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME BAGI GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK. SOCIUS Jurnal Pendidikan IPS (4). pp. 295-308. ISSN 2086-0633 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12/1/2011%20jurnal%20socius%20makalah%20Rudy%20G.pdf