eprintid: 11696 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 2335 dir: disk0/00/01/16/96 datestamp: 2021-10-03 11:56:58 lastmod: 2021-10-03 11:56:58 status_changed: 2021-10-03 11:56:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hermawan, Rudy Hermawan creators_name: Subaki, Ahmad Subaki creators_name: Tukirin, Tukirin creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Audit Oprasional dan Peranan Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Peningkatan Pelayanan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Baytangkara TK.I R. Said Sukanto ispublished: unpub subjects: HB divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh audit operasional dan sistem pengendalian manajemen terhadap peningkatan pelayanan pasien pada Rumah Sakit Bhayangkara TK.I R. Said Sukanto. Dalam penelitian ini digunakan metode survey. Variabel yang diteliti adalah audit operasional, sistem pengendalian manajemen sebagai variabel bebas dan peningkatan pelayanan pasien sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Rumah Sakit Bhayangkara TK.I R. Said Sukanto yang telah bekerja minimal selama 2 (dua) tahun pada bagian pelayanan. Teknik pemilihan sampel menggunakan judgment sampling dan diperoleh sampel sebanyak 113 responden, kuesioner yang tidak kembali sebanyak 44 responden, dan kuesioner yang kembali sebanyak 69 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, analisis akuntansi, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi, dan pengujian hipotesis. Analisis akuntansi diperoleh nilai maximum variabel audit operasional, sistem pengendalian manajemen, dan peningkatan pelayanan pasien sebesar 4,6, 4,9, dan 5,0. Nilai minimum variabel audit operasional, sistem pengendalian manajemen, dan peningkatan pelayanan pasien sebesar 3,1, 3,1, dan 3,0. Nilai mean variabel audit operasional, sistem pengendalian manajemen, dan peningkatan pelayanan pasien sebesar 3,859, 3,729, dan 3,909. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 21.0 diperoleh persamaan regresi linear berganda Ŷ = 1,044 + 0,343 X1 + 0,671 X2. Berdasarkan uji asumsi klasik diperoleh kelayakan asumsi normalitas residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi, maka model regresi telah memenuhi persyaratan Best Linear Unbiased Estimator (BLUE). Nilai Adjusted R2 sebesar 0,499 artinya 49,9% variabel peningkatan pelayanan pasien dijelaskan oleh variabel audit operasional dan sistem pengendalian manajemen sedangkan 50,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi seperti pengendalian internal, kinerja operasional, kinerja keuangan, dan kinerja karyawan. Uji t secara parsial menunjukkan variabel audit operasioanl berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pelayanan pasien dengan nilai thitung = 2,783 > t (0.052;66) = 1,997 dan signifikansi 0,007 < 0,05. Variabel sistem pengendalian manajemen berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pelayanan pasien dengan nilai thitung = 4,770 > t (0.052;66) = 1,997 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Uji F secara simultan menunjukkan variabel audit operasional, dan sistem pengendalian manajemen terhadap peningkatan pelayanan pasien dengan nilai Fhitung 34,844 > F 0,05 (2,66) = 3,136 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Analisis koefisien korelasi parsial antara audit operasional dan peningkatan pelayanan pasien dengan asumsi sistem pengendalian manajemen tetap sebesar 0,324 dan signifikansi 0,007 < 0,05, maka dikatakan terdapat hubungan positif yang lemah dan signifikan. Koefisien parsial antara sistem pengendalian manajemen dan peningkatan pelayanan pasien dengan asumsi audit operasional tetap sebesar 0,506 dan signifikansi 0,000 < 0,05, maka dikatakan terdapat hubungan positif yang sedang dan signifikan. Analisis koefisien korelasi berganda (R) antara variabel audit operasional dan sistem pengendalian manajemen, dengan peningkatan pelayanan pasien sebesar 0,717, maka hubungan variabel kuat. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel-variabel independen lain yang dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan pelayanan. Menambah periode penelitian dan memperluas populasi penelitian, agar hasil yang diperoleh nantinya mempunyai pengaruh dalam jangka panjang dan menghasilkan analisis yang baik. Menambah jumlah objek dan sampelpenelitian untuk diteliti agar data dapat digeneralisasi. Berdasarkan uji parsial dan simultan, audit operasional dan sistem pengendalian manajemen berpengaruh terhadap peningkatan pelayanan rawat inap, maka disarankan agar kedua variabel tersebut harus terus ditingkatkan. date: 2021-10-01 date_type: submitted full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Abdurrochman. (2016). Pengaruh Sistem Pengendalian Manajemen terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Bandung : Universitas Pasundan Bandung Agung Abdul Rasul. (2011). Ekonometrika : Formula dan Aplikasi Dalam Manajemen. Jakarta : Mitra Wacana Media dan UHAMKA Press. Amin Widjaja Tunggal. (2012). Intisari Internal Audit. Jakarta : Rineka Cipta. _____________. (2008). Dasar-dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta : Harvindo. _____________. (2009). Akuntansi Manajemen. Jakarta : Hervindo. Anthony, Robert N, dan Vijay Govindarajan. (2007). Sistem Pengendalian Manajemen. Jakarta : Salemba Empat. Arens, Alvin A, Mark S. Beasley, dan Randal J. Elder. (2008). Auditing and Assurance Service : An Integrated Approach (Edisi Kedua Belas.). Jakarta : Erlangga. Azhar Susanto. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Bandung : Linggar Jaya. Bayangkara, I. B. K. (2008). Audit Manajemen: Prosedur dan Implementasi Manajemen Audit. Jakarta : Salemba Empat. David Faizal Anam. (2013). Peranan Audit Operasional untuk Meningkatkan Kinerja Fungsi Pemasaran PT MNC Finance, Tbk. E-Jurnal Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya. (Vol. 2 No. 11). 257- 266. Indonesia : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Indonesia. Divianto. (2012). Peranan Audit Operasional terhadap Efektivitas Pelayanan Kesehatan Rawat Inap di Rumah Sakit (Studi Kasus pada Rumah Sakit Bunda Palembang. E- Jurnal Akuntansi Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang. (Vol. 2 No. 2). 156-167. Indonesia : Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia. Duwi Priyatno. (2012). Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta : Mediakom. Eka Nurmala Sari dan Fitriani Saragi. (2009). Pengaruh Sistem Pengendalian Manajemen terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan pada Hotel Berbintang di Kota Medan. E- Jurnal Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. (Vol. 9 No. 2). 358-372. Indonesia : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia. Ely Suhayati dan Siti Kurnia Rahayu. (2010). Auditing : Konsep Dasar dan Pedoman Pemeriksaan Akuntan Publik. Yogyakarta : Graha Ilmu. Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro. Hall James A., Tommie Singleton. (2007). Information Tecnology Auditing and Assurance. Jakarta : Salemba Empat. Hiro Tugiman. (2007). Pengendalian Audit Internal. Bandung : Unpad. Lion Saiful Mukminin. (2010). Pengaruh Audit Operasional Terhadap Kinerja Non Keuangan dengan Audit atas Persediaan sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Jakarta : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Martinis Yamin. (2007). Strategi Pembelajaran Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada Press. Mulyadi. (2010). Sistem Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat. _______. (2007). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta : Salemba Empat. Mulyanto, Agus. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Mustakini, Jogiyanto Hartono. (2009). Sistem Informasi Teknologi. Yogyakarta : Andi Offset. Nurharyanto. (2009). Dasar-dasar Auditing (Edisi Keenam). Bogor : Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Rezky Retno Arvianita. (2015). Pengaruh Audit Operasional dan Pengendalian Internal terhadap Efektivitas Pelayanan Kesehatan pada Rumah Sakit. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Sanyoto Gondodiyoto. (2007). Audit Sistem Informasi : Pendekatan Cobit (Edisi Revisi). Jakarta : Mitra Wacana Media. Sekaran, Uma. (2009). Metodologi Penelitian Untuk Bisinis (Edisi Keempat.). Jakarta : Salemba Empat. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sukrisno Agoes (2008). Auditing Pemeriksaan oleh Kantor Akuntan Publik. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. . (2012). Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan oleh Kantor Akuntan Publik (Edisi Keempat.). Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Sutarman. (2012). Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Bumi Aksara. Tim Penyusun. (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi. Jakarta : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA. citation: Hermawan, Rudy Hermawan dan Subaki, Ahmad Subaki dan Tukirin, Tukirin (2021) Pengaruh Audit Oprasional dan Peranan Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Peningkatan Pelayanan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Baytangkara TK.I R. Said Sukanto. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11696/1/FEB_AKT_1202025170_RUDY%20HERMAWAN.pdf