eprintid: 11667 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 2357 dir: disk0/00/01/16/67 datestamp: 2021-09-30 13:27:04 lastmod: 2022-06-15 07:57:14 status_changed: 2022-06-15 07:57:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hardianto, Bramantyo Dwi creators_name: Basuki, Maryono creators_name: Wahdiyati, Dini creators_id: diniwahdiyati@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Endorser Maudy Ayunda dalam Iklan Teh Javana di Televisi terhadap Brand Image Teh Javana di Kalangan Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jakarta ispublished: pub subjects: HX divisions: 70201 abstract: Teh Javana merupakan produk teh baru yang beriklan di TV. Perusahaan produsen Teh Javana memilih Maudy Ayunda sebagai Celebrity Endorser. Alasannya, Maudy memiliki beberapa prestasi baik sebagai penyanyi, aktris, dan penulis lagu sehingga memiliki image yang baik. Dalam beberapa bulan pasca launching, Teh Javana mendapat respon positif dari pasar. Penelitian ini bermaksud melihat apakah brand image Teh Javana merupakan pengaruh dari kualitas endorser Maudy Ayunda. Penelitian ini menggunakan paradigma positivis dan teori behaviorism, teori SOR, teori social learning,serta modelling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatifdengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan survei eksplanatif asosiatif yang bertujuan menjelaskan hubungan (korelasi) antar variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 3, Jakarta kelas 10 dan 11. Penelitian ini menggunakan proportionate cluster random sampling. Peneliti membagi populasi ke dalam dua kategori, yaitu mereka yang pernah menonton iklan Teh Javana di televisi dan yang tidak pernah menonton. Sampel penelitian sebanyak 69. Penyebaran kuesioner dilakukan pada Mei 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas endorser Maudy Ayunda berada pada kategori tinggi dengan total skor 4.425 (pada variabel X) dan Brand Image yang juga berada pada kategori tinggi dengan total skor 3.769 (pada variabel Y). Hasil uji korelasi parametric menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) senilai 0,538 berada pada kategori sedang. Berdasarkan Tabel Guilford, tingkat keeratan korelasi termasuk sedang, nilai signifikan pada 0,01, lebih kecil dari 0,05. signifikan. Artinya, kualitas endorser Maudy Ayunda berpengaruh terhadap Brand Image Teh Javana di kalangan responden. Signifikansi akademis penelitian ini diharapkan memperkuat teori SOR, terutama ketika diterapkan untuk meneliti pengaruh endorser terhadap brand image. Signifikansi metodologis penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan pada metode kuantitatif, terutama metode survei eksplanatif. Signifikansi praktis penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi WingsFood dan agensiyang membuat iklan Teh Javana agar memperhatikan efektivitas penggunaan endorser mereka. date: 2021-09-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: BUKU Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Ed. 1, Cet. 3, Jakarta: Kencana. DeFleur, Melvin L. and Sandra J. Ball-Rokeach, 1989. Theories of Mass Communication Fifth Edition, New York: Longman Effendy, Onong Uchjana. 1989. Kamus Komunikasi, Bandung: Mandar Maju. ____________________. 1993. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. ____________________. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ____________________. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Fahmi, Ali Hifni. 2005. Sinergi Komunikasi Pemasaran, Bandung: Quantum Hakim, Budiman. 2005. Lanturan Tapi Relevan, Yogyakarta: Galang Press. Jeffkins, Frank. 1997. Periklanan Edisi Ketiga, Jakarta: Erlangga. Kasali, Rhenald. 1992. Manajemen Periklanan dan Aplikasinya di Indonesia, Jakarta: Grafiti. _____________. 1995. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti. Keller, Kevin Lane. 1993. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid I, Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip, Gary M Armstrong. 1995. Marketing: An Introduction, Jakarta: Erlangga. Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Kencana. Kusumaningrat, Hikmat dan Purnama Kusumaningrat. 2005. Jurnalistik, Teori dan Praktik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Lee, Monle & Carla Johnson. 2007. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global, Jakarta: Kencana. Muda, Deddy Iskandar. 2003. Jurnalistik Televisi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Raja Grafindo Persada Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rossister, J.R. and L. Percy. 1987. Advertising and Promotion Management, New York: McGraw-Hill. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta Shimp, Terence A, 2003. Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid 1, Ed.5, Jakarta: Erlangga. Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. ______. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Suyanto. M. 2004. Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan Dilengkapi Sampel Iklan Terbaik Kelas Dunia, Yogyakarta:Andi. Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen Di Era Internet. Edisi pertama. Cetakan pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu. Wahyudi, JB. 1996. Dasar-dasar Jurnalistik Radio dan Televisi, Jakarta: Pustaka Utama Grafiti. SKRIPSI Aini Fadillah, Pengaruh Endorser (Model Iklan) Valentino Rossi Pada Iklan Yamaha Jupiter MX Versi Komeng Di Televisi Terhadap Brand Image Citra Merek) Bagi Siswa SMUN 32 Jakarta Selatan. Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka,Jakarta 2004. Jay Arya Prasadja, Brand Image UHAMQUA Di Kalangan Mahasiswa UHAMKA. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Jakarta 2016. Randy Efpriliano, Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Citra Partai (Studi Eksplanatif Tentang Dampak Penggunaan Bondan Winarno Sebagai Endorser, dalam Upaya Meningkatkan Minat Pilih Kaum Perempuan Pada Periode Pemilihan Anggota Legislatif di Jakarta), Program Studi Ilmu Komunikasi STIKOM InterStudi, Jakarta 2014. Fathonah Nur Aulia, Sikap Mahasiswa UHAMKA Terhadap Tayangan 86 di NET TV. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Jakarta 2011. MEDIA ONLINE http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150401170810-262-43617/maudyayunda ketularan-tradisi-minum-teh-orang-inggris/ dikutip pada 19 Februari 216 pukul 14:51 http://idolanesia.com/maudy-ayunda/ diakses pada tanggal 03 Juni 2016 pukul 08:48 WIB http://jogja.tribunnews.com/2015/04/17/teh-javana-merangsek-pasar-minumankemasan diakses pada tanggal 20 Juni 2016 pada pukul 12:33 WIB http://industri.kontan.co.id/news/wings-food-cicip-pasar-teh-botolan-lewat-javana dikutip tanggal 13/05/2016 pada pukul 10:15 WIB http://mix.co.id/headline/begini-strategi-wings-mencuri-pasar-rtd-tea dikutip pada tanggal 20 Juni 2016 pada pukul 12:37 WIB https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/ diakses pada tanggal 03 juni 2016 pukul 08:56 wib https://prezi.com/zt_cxq4jwsq1/sejarah-pt-sayap-utama/ dikutip tanggal 18/07/2016 pukul 08:38 WIB http://profil.merdeka.com/indonesia/w/wings/ dikutip tanggal 01 Agustus 2016 pukul 22:49 WIB http://www.republika.co.id/berita/shortlink/16307 diakses pada tanggal 03 juni 2016 pukul 18:56 wib http://www.kapanlagi.com/indonesia/m/maudy_ayunda/ dikutip pada 01 Agustus 2016 pukul 09:51 WIB http://www.reonconvention.com/ diakses pada tanggal 21/07/2016 pukul 11:04 WIB http://www.wingscorp.com/content/story.php?l=2&m=257 dikutip tanggal 19 Juli 2016 pukul 11:03 WIB http://wingscorp.com/content/product/index.php?l=1 dikutip tanggal 01 Agustus 2016 pukul 22:42 WIB https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,ssl&ei=EfBzV6XOBcjqvgSolL3ACQ#q=w ings+indonesia dikutip tanggal 30/06/2016 pukul 01:54 WIB citation: Hardianto, Bramantyo Dwi dan Basuki, Maryono dan Wahdiyati, Dini (2021) Pengaruh Endorser Maudy Ayunda dalam Iklan Teh Javana di Televisi terhadap Brand Image Teh Javana di Kalangan Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11667/1/FISIP_ILKOM_1206015021_BRAMANTYO%20DWI%20HARDIANTO.pdf