eprintid: 11666 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2357 dir: disk0/00/01/16/66 datestamp: 2021-09-30 13:27:00 lastmod: 2022-06-15 07:52:37 status_changed: 2022-06-15 07:52:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Iwansyah, Gessa Noor creators_name: Romadlan, Said creators_name: Basuki, Maryono creators_id: saidromadlan@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Persepsi Mahasiswa FISIP UHAMKA Terhadap Tayangan Reality show 86 di NET. TV (Episode 29 Maret 2016) ispublished: pub subjects: HX divisions: 70201 abstract: NET. yang merupakan singkatan dari News and Entertainment Television adalah sebuah stasiun televisi berjaringan di Indonesia yang resmi diluncurkan pada 26 Mei 2013. NET. menggantikan siaran terestrial Spacetoon Indonesia yang sebagian sahamnya telah diambil alih oleh Grup Indika. Berbeda dengan Spacetoon yang acaranya ditujukan untuk anak-anak, program-program NET. ditujukan kepada keluarga dan pemirsa muda. Salah satu programnya adalah Reality show 86, yaitu program NET. Yang berkerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia, Program atau tayangan 86 hadir dan di dalam program tersebut pemirsa diajak melihat keseharian beberapa anggota kepolisian, 86 adalah tayangan yang sarat akan pesan dan makna. Penelitian ini meneliti tentang persepsi Mahasiswa FISIP UHAMKA terhadapat tayangan 86 di NET. TV. Adapun tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa FISIP UHAMKA terhadap tayangan Reality show 86 di NET. TV (episode 29 maret 2016). Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Kognitif, karna teori ini memfokuskan pada pengalaman dan pengetahuan. Penelitian ini menggunakan paradigm postpositivisme dan pendekatan kuantitatif sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP UHAMKA Jakarta selatan, dengan jumlah sampel sebanyak 76 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling probabilitas. Hasil penelitian menggambarkan bahwa persepsi mahasiswa FISIP UHAMKA terhadap tayangan 86 di NET. TV mencapai 4501 pada kategori positif yang berarti persepsi mahasiswa FISIP UHAMKA terhadap tayangan 86 di NET. TV adalah baik atau cukup baik. Penelitian ini di harapkan berkontribusi terhadap teori Kognisi (Cognition Theory) terutama untuk diterapkan pada program-program atau tayangan yang ditayangan di stasiun tv indonesia, khususnya tayangan yang menyajikan program yang edukatif dan inspiratif. date: 2021-09-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elvinaro. 2004. Komunikasi Massa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. _______________.2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Aaker, A. David dan John. G. Mayers. 1986. Advertising Management 2nd edition. New Delhi: Prentice Hall Ltd. Baran, Stanley J.2010. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika. Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Hamidi. 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: Press. Kriyantono, Rakhmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Morissan, 2008. Manajemen Media Penyiaran; Strategi Mengelolah Radio & Televisi. Jakarta: Kencana. Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. __________. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. McQuail, Denis.1987. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar, edisi kedua. Jakarta: Erlangga. Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers. Rakhmat, Jalaludin. 2007. Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. _______________. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Robins P, Stephen. 1996. Perilaku Organisasi. Jakarta: Prenhallindo. Riswandi, 2009. Dasar-dasar Penyiaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Salim, Agus. 2006. Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara. Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Erlangga. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta. Wahyudi, JB. 1996. Jurnalistik Radio dan Televisi. Jakarta: Grafiti. Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia. John vivian, The Media Of Communication Effendy, 2009. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. PENELITIAN Nur Widayawati, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta 2004 dengan judul Persepsi khalayak terhadap tayangan Inbox Surya Citra Televisi (SCTV) Anindhita Novi Sagitha, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta 2007 dengan judul Persepsi mahasiswa Fisip Uhamka terhadap tayangan Opera Van Java di TRANS 7. Resti Dwi Lestari, Universitas Mercu Buana, Jakarta (2009) dengan judul Persepsi supporter Persija Jakarta dan Persib Bandung terhadap film Romeo and Juliet. citation: Iwansyah, Gessa Noor dan Romadlan, Said dan Basuki, Maryono (2021) Persepsi Mahasiswa FISIP UHAMKA Terhadap Tayangan Reality show 86 di NET. TV (Episode 29 Maret 2016). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11666/1/FISIP_ILKOM_080605140_GESSA%20NOOR%20IWANSYAH.pdf