eprintid: 11665 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2357 dir: disk0/00/01/16/65 datestamp: 2021-09-30 13:25:53 lastmod: 2022-06-15 07:59:08 status_changed: 2022-06-15 07:59:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anshari, Mochamad Reza creators_name: Nurjaman, Husman creators_name: Puspita, Virienia creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Tingkat Kepuasan Komunitas Good Life Dalam Mendengarkan Program Sarapan Seru Jak FM ispublished: pub subjects: HX divisions: 70201 abstract: Ketatnya persaingan media radio mendorong para pengusaha dan pelaku bisnis siaran radio, untuk kreatif membuat konsep acara siaran yang menarik agar mendorong khalayak untuk mendengarkannya. Oleh karenanya keberadaan program siaran “Sarapan Seru” yang berisi informasi dan hiburan di pagi hari memberikan pengaruhnya terhadap para pendengarnya. Hal ini menarik untuk diteliti, dengan asumsi di atas peneliti menetapkan untuk mengadakan penelitian mengenai kualitas penyajian program siaran “Sarapan Seru” dengan tingkat kepuasan pendengarnya yang difokuskan pada para anggota komunitas Good Life. Berkenaan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan komunitas Good Life dalam mendengarkan program “Sarapan Seru” Jak FM. Sebagai landasan dari penelitian ini, digunakan teori Uses and Gratifications. Teori ini mengembangkan Gratifications Sought dan Gratification Obtained, Karenanya dianggap perlu untuk membedakan harapan atau motivasi (GS) dengan kepuasan yang diperoleh (GO). Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitiannya adalah anggota komunitas Good Life, yang berjumlah 58 orang. Sedang teknik pengambilan samplingnya menggunakan sampling jenuh atau sensus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik penyebaran angket pada responden. Kemudian data yang dikumpulkan dianalisa. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tehnik Chi Square. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh bahwa secara keseluruhan kepuasan anggota komunitas Good Life tercapai setelah mendengarkan program “Sarapan Seru” Jak FM. Hasilnya dengan Keseluruhan yaitu sebesar 89.0000 atau Nilai Mean Keseluruhan GS (88.8103)  Nilai Mean Keseluruhan Keseluruhan GO (89.0000). Selain itu, hasil analisis perhitungan Chi Square menunjukkan bahwa dengan adanya perbedaan karakteristik anggota komunitas Good Life tidak memberikan perbedaan yang nyata (signifikan) terhadap perbedaan pembentukkan kepuasan setelah mendengarkan program “Sarapan Seru” Jak FM. Hipotesis dalam penelitian ini tidak terbukti, dengan kata lain; “Karakteristik anggota komunitas Good Life, tidak memberikan perbedaan yang nyata (signifikan) terhadap pembentukkan kepuasan setelah mendengarkan program “Sarapan Seru” Jak FM. date: 2021-09-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Anggraeni, A. 2008. Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan Kegiatan Penyiaran. Jakarta: Bumi Aksara Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbosa Rekatama Media. Arifin, Anwar. 1994. Komunikasi Politik dan Pers Pancasila: Suatu Kajian Mengenai Pers Pancasila, Media sejahtera, Jakarta. Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media. Group: Jakarta Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, 2000. -------------. 2003. Radio Siaran Teori dan Praktek, Mandar Maju, Bandung. Kriyantono, Rachmat, 2006, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta, PT Kencana Prenada Media Group --------------. 2007, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta, PT Kencana Prenada Media Group --------------. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Masduki. 2001. Jurnalistik Radio: Menata Profesionalisme Reporter dan. Penyiar. LKIS. Yogyakarta Morissan, M.A. 2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan. Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media. Group -------------.2010. Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi, Jakarta. Ramdina Prakarsa. Mufid, Muhammad. 2007. Komunikasi & Regulasi Penyiaran . Jakarta. Kencana Prenada Media Group. Mulyana, Deddy. 2002, Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Mulyana, Dedi 2007. Ilmu Komunikasi Sebagai Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya Palmgreen, Raymond. 1985. Media Gratification Research : Current Perspectives. Beverly Hill, London, New Delhi: Sage Rakhmat, Jalaludin. 2001. Psikologi Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001. Riswandi. 2009. Ilmu Komunikasi. Jakarta: Graha Ilmu Romli, Asep Syamsul M. 2003. Jurnalistik Terapan . Bandung: Penerbit Nuansa Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara. Wacana Sugiri. S. Media Komunikasi Radio, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, CV Alfabeta, Bandung, 2006. -------------. Metode Penelitian Administrasi, CV Alfabeta, Bandung, 2008. Vivian, John, 2008, Teori Komunikasi Massa, Jakarta, Prenada Media Group. Widyatama SUMBER LAIN : http://www.plsfm.info/?pls=news&id=20100916221907 diakses pada tanggal 24 desember 2012 http://skripsiakuntansi.com/skripsi-manajemen/analisa-kepuasan-pendengar-terhadap-kualitas-siaran-radio-kalimaya-bhaskara-fm-studipada-mahasiswa-universitas-brawijaya-malang/ diakses pada tanggal 24 Desember 2012. citation: Anshari, Mochamad Reza dan Nurjaman, Husman dan Puspita, Virienia (2021) Tingkat Kepuasan Komunitas Good Life Dalam Mendengarkan Program Sarapan Seru Jak FM. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11665/1/FISIP_ILKOM_0806015082_MOCHAMAD%20REZA%20ANSHARI.pdf