eprintid: 11664 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2357 dir: disk0/00/01/16/64 datestamp: 2021-09-30 13:25:31 lastmod: 2022-06-15 08:00:32 status_changed: 2022-06-15 08:00:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Julaiha, Julaiha creators_name: MUSTIKA, SRI creators_name: Basuki, Maryono creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Penetrasi Sosial dalam Komunikasi Antarpribadi Produser terhadap Host Acara Sentilan Sentilun di Metro TV ispublished: pub subjects: HX divisions: 70201 abstract: Sebagai makhluk sosial, manusia selalu ingin menjalin hubungan dengan sesamanya, untuk itu komunikasi memegang peranan penting. Dalam suatu program acara terdapat beberapa hubungan yang akan tercipta. Misalnya pada program acara Sentilan Sentilun di Metro TV, dimana produser dan host memiliki suatu hubungan yang berperan dalam mensukseskan acara tersebut. Adanya hubungan yang mereka miliki membuat peneliti ingin melakukan penelitian bagaimana bentuk hubungan komunikasi antarpribadi yang terjalin antara produser terhadap host. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penetrasi sosial dalam komunikasi antarpribadi produser terhadap host pada program acara Sentilan Sentilun di Metro TV. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori penetrasi sosial yang menjelaskan tentang kedekatan suatu hubungan antara dua orang atau lebih, dan model Jendela Johari yang menjelaskan tingkat keterbukaan dalam suatu hubungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara secara langsung terhadap produser dan host, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian akan di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses teori penetrasi pada penelitian ini berlangsung melalui kedekatan antarpribadi yang secara bertahap dan berurutan yang dimulai dari tahap biasa-biasa saja hingga tahap yang lebih akrab. 2) Model jendela Johari pada komunikasi antarpribadi terhadap host sudah berada dalam daerah dimana mereka sudah saling membuka diri (open self). 3) Proses penetrasi sosial dan berdasarkan Jendela Johari, komunikasi antarpribadi produser terhadap host pada program Sentilan Sentilun di Metro TV sudah terjalin komunikasi yang lebih dekat dan akrab, memiliki hubungan yang simetris, dan memiliki keharmonisan yang baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi motivasi bagi banyak pihak untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam terkait dengan hubungan antara produser terhadap host dengan menggunakan beberapa teori atau metode dalam konteks komunikasi. Peneliti juga berharap dari hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi para produser agar dapat menciptakan suatu proses penetrasi dalam komunikasi antarpribadi dengan host sehingga mampu berinteraksi secara efektif. date: 2021-09-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Agus S. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta; PT Tiara Wacana. Ardianto E. 2007. Filsafat Ilmu Komuikasi. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya. Arifin A. 1994. Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: CV. Armico. Basrowi, Suwandi. 2008 Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta Rineka Citra. Bungin B. 2005. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Raja Grafindo Persada. ________. 2007. Penelitian Kualitatif, Komunikasi,Ekonomi, Kebijakaan, Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta. Kencana. Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Discourse Teknologi Komunikasi di Masyarakat). Jakarta. Kencana Prenada Media Group. Budiyatna M, Ganiem. 2011. Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta. Kencana. Cangara H. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada. ________. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group. Corry AW. 2009. Teori Komunikasi. Bogor. Ghalia Indonesia. De Vito JA. 1997. Komunikasi Antar Manusia. PT Citra Aditya Bhakti. Bandung. Effendy OU. 1989. Kamus Komunikasi. Bandung. __________. 2002. Humas Suatu Studi Komunikasi. Bandung. __________. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung. Elvinaro A. 2005. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung. Emory GA. 2003. A First Look at Communication Theory, 5th edition, New York: McGraw-Hill. Rahmat J. 2001. Psikologi Komunikasi. Bandeung: PT Remaja Rosdakarya. Kania NK. 2014. Komunikasi Antarpribadi Konsep dan Teori Dasar: Yogyakarta. Graha Ilmu. Kriyantono R. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Ed. 1, Cet. 5. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. __________. 2008. Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana. Liliweri A. 1991. Komunikasi Antarpribadi. Bandung : Citra Aditya Bakti. ________. 1997. Komunikasi Antarpribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti. ________. 2004. Dasar-dasar Ilmu Antar Budaya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Littlejohn SW. 2002. Theoritis of Human Communication. Seventh Edition. USA. Wadsworth Publishing Company. Littlejohn SW, Foss KA. 2009. Theoritis of Human Communication. nineth Edition. USA. Wadsworth Publishing Company. Lofland J. 1984. Nalzyibg Social Setting: A Guidetto to Qualitative (Bervation and Analisis Belmoont). MC Quail D. 1996. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga. Morissan MA. 2008. Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. ___________. 2009. Teori Komunikasi Tentang Komunikator, Pesan Percakapan, dan Hubungan. Bogor: Ghalia Indonesia. Mufid M. 2005. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta: Prenada Media. Mulyana D. 1999. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikasi Logis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. _________. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. _________. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Neuman WL. 2003. Social Research Methods, Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Boston: Pearson Education. Delapratasa.Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta. PT LKIS Pelangi Aksara. Piotr S. 2005. Sosiologi Perubahan Sosial (alih bahasa oleh Alimandan). Jakarta: Prenada Media. Poerwandari EK. 2007. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. LPSP3. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jakarta. Riswandi. 2009. Dasar-dasar Penyiaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.Ruane JM. 2005. Essentials of Research Methods: A Guide to Social Science Research. Malden, MA: Blackwell Publishing. Rusliwa GS. 2005. Memahami Metode Kualitatif .Sosial Humaniora. 9(2): 57-65. Simbiosa Rekatama Media. Salim A. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana. Subroto. 1994. Sastro Darwanto. Produksi Acara Televisi Satu Wacana. Paris: University. Sukmadinata NS. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke 7. Bandung: Remaja Rosdakarya. Suprapto T. 2000. Berkarier di Bidang Broadcasting. Yogyakarta: Media Prosindo. Suwandi, Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta. Rineka Cipta Suyatna. 2005. Deskriptif Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Pelajar. Timberg B. (2002). Television Talk: a History of a TV Talk Show/Bernard M. Timberg with Robert J. Eller. Texas: University of Texas Press. Turner L, Richard W. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Edisi: 3. Jakarta: Salemba Humanika. Wahyudi JB. 1986. Media Komunikasi Massa Televisi. Bandung: Alumni. __________. 1996. Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Wibowo F. 2007. Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Pinus Book Publisher. _________. 2009. Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Pinus Book Publisher. _________.1997. Dasar-dasar produksi program televisi.Jakarta: PT. Gramedia. Wiryanto. 2000. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: PT Grasindo. _________. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia. Sumber Lain: Irma Hanifah. ”Peran Produser dalam Proses Produksi “Viva Dangdut Mania”di TPI Periode Januari-Maret 2010. Universitas Mercu Buana. Helda Dwi Agustina. “Peran Host dalam Proses Produksi Program Musik “DAHSYAT” di RCTI”. Universitas Mercu Buana. Haryanti “Peran Produser dalam Proses Produksi Program Sentilan Sentilun di Metro TV”. Universitas Mercu Buana. Rino Achmadi Alpacino. “Proses Penetrasi Sosial Hubungan Antarpribadi Pelaku Sesama Jenis (Lesbi) Studi Kasus Terhadap 3 Pasangan Lesbi di Pos Engumben Jakarta Barat”. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Metro TV. 1999. Company Profile Metro TV. Jakarta. PT. Media Televisi Indonesia. Wikepedia. 2015. Sentilan Sentilun. Diambil dari https://id.Wikipedia.org/wiki /Sentilan_Sentilun [Internet]. citation: Julaiha, Julaiha dan MUSTIKA, SRI dan Basuki, Maryono (2021) Penetrasi Sosial dalam Komunikasi Antarpribadi Produser terhadap Host Acara Sentilan Sentilun di Metro TV. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11664/1/FISIP_ILKOM_1106015062_WINDY%20FEBRI%20DALANI.pdf