eprintid: 11663 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2357 dir: disk0/00/01/16/63 datestamp: 2021-09-30 13:24:46 lastmod: 2022-06-15 08:01:46 status_changed: 2022-06-15 08:01:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dalani, Windy Febri creators_name: Romadlan, Said creators_name: Wahdiyati, Dini creators_id: saidromadlan@uhamka.ac.id creators_id: diniwahdiyati@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Konstruksi Realitas Media Mengenai Peran Suami dan Istri dalam Film HIJAB ispublished: pub subjects: HX divisions: 70201 abstract: Keindahan perempuan dan kekaguman lelaki terhadap perempuan adalah cerita klasik dalam sejarah umat manusia. Perempuan oleh media massa ditampilkan berada di rumah, berperan sebagai ibu rumah tangga dan tergantung pada laki-laki. Film HIJAB adalah salah satu film Indonesia yang mengusung tema mengenai perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perempuan diposisikan dalam film. Berfokus kepada pembedaan peran antara suami dan istri dalam film HIJAB. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan metode analisis isi kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis adegan dan dialog yang dianggap mewakili penggambaran peran suami dan istri. Menggunakan teori konstruksi realitas media, peneliti mengkaji realitas yang dibangun dalam film HIJAB garapan sutradara Hanung Bramantyo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan peran antara suami dan istri. Suami kerap digambarakan berada dalam ranah publik, sementara istri cenderung berada di ranah domestik. Suami mempunyai banyak kesempatan untuk mengembangkan potensi dirinya dan tetap mendominasi di dalam lingkup keluarganya. Ada dua faktor dominan yang mempengaruhi penggambaran peran suami dan istri dalam film HIJAB. Pertama, faktor internal dimana ide cerita berasal dari pengalaman pribadi produser dan sutradara film, juga pemahaman pembuat film mengenai konsep gender sebagai hasil konstruksi sosial. Kedua, faktor eksternal yang merupakan pengaruh dari lingkungan sekitar, hasil dari interaksi sosial yang dilakukan sutradara dan penulis naskah film HIJAB. Penelitian mendatang disarankan untuk mengkaji film ini menggunakan paradigma kritis. Berfokus kepada resistensi atau perlawanan yang dilakukan para istri terhadap suaminya. Karena konteks resistensi berada di antara konflik peran yang berbeda di relasi antara laki-laki dan perempuan. date: 2021-09-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elvinaro. Komala, Lukiarti. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media. Ardianto, Elvinaro dan Bambang Q-Anees. 2011. Filsafat dan Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Barker, Chris. 2005. Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Bentang. Budiman, Arief. 1982. Pembagian Kerja Secara Seksual. Jakarta: PT Gramedia. Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana. ______. 2013. Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Renada Media Grup Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sumiarni, Endang. 2004. Jender dan Feminisme. Yogyakarta: Wonderful Publishing Company. Eriyanto. 2012. Analisis Wacana : Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKis. Ibrahim, Subandy I dan Suranto H. 1998. Wanita dan Media: Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hollows, Joanne. 2010. Feminisme, Femininitas dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra. Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Lubis, Yusuf. 2015. Pemikiran Kritis Kontemporer. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Murniati, Nunuk. 2004. Getar Gender. Magelang: Yayasan Indonesia Tera. Muslikhati, Siti. 2004. Feminisme dan Pemberdayaan Perempuan dalam Timbangan Islam. Jakarta: Gema Insani. Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Riswandi. 2009. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sobur, Alex, 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. _______. 2009. Analisis Teks Media Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Soerjono, Soekanto. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers. Sunarto. 2009. Televisi, Kekerasan, dan Perempuan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. Suryadi, Ace dan Ecep Idris. 2004. Kesetaraan Gender Dalam Bidang Pendidikan. Bandung: PT Genesido. Stewart, Tubbs dan Sylvia Moss. 2001. Human Communication (Prinsip-Prinsip Dasar). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Vardiansyah, Dani. 2005. Filsafat Ilmu Komunikasi. Jakarta: Indeks Gramedia. Sumber Internet: www.dapurfilm.com diakses pada 19 November 2015 pukul 17.10 WIB. www.filmhijab.com diakses pada 19 November 2015 pukul 17.25 WIB. www.filmnasional.or.id diakses pada 29 Januari 2016 pukul 13.00 WIB. citation: Dalani, Windy Febri dan Romadlan, Said dan Wahdiyati, Dini (2021) Konstruksi Realitas Media Mengenai Peran Suami dan Istri dalam Film HIJAB. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11663/1/FISIP_ILKOM_1106015062_WINDY%20FEBRI%20DALANI.pdf