eprintid: 11517 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 1625 dir: disk0/00/01/15/17 datestamp: 2021-09-22 12:39:01 lastmod: 2021-09-22 12:39:01 status_changed: 2021-09-22 12:39:01 type: article metadata_visibility: show creators_name: Sukmana, Indradi Kartika creators_name: Amalia, Nur creators_id: indradik15@gmail.com creators_id: nur21amalia@gmail.com title: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi ispublished: pub subjects: L divisions: 88201 abstract: Model Project Based Learning adalah salah satu model yang banyak dipakai oleh para pendidik pada kegiatan Belajar Dari Rumah seperti sekarang. Kegiatan Belajar Dari Rumah dengan menggunakan model Project Based Learning dianggap mampu menjadi pengaruh dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik sekaligus kerja sama antara peserta didik dan orang tua. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh dari model Project Based Learning yang diterapkan selama kegiatan belajar dari rumah di kelas 4 SDN Grogol Utara 16 Jakarta Selatan terhadap peningkatan motivasi belajar dan kerja sama peserta didik dengan orang tuanya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan penjelasan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian melalui lembar pengisian kuesioner dalam google form yang disebarkan melalui grup whatsapp kelas. Hasil yang diperoleh berdasarkan data yang dianalisis kemudian ditarik kesimpulannya adalah bahwa model Project Based Learning memiliki pengaruh terhadap meningkatnya motivasi belajar peserta didik sekaligus kerja sama antara peserta didik dengan orang tuanya. Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa jawaban dari kuesioner yang diisi oleh orang tua dan peserta didik. date: 2021-08 date_type: published publisher: Universitas Pahlawan official_url: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1068 full_text_status: public publication: Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan volume: 3 number: 5 pagerange: 3163-3172 refereed: TRUE issn: 2656-8071 citation: Sukmana, Indradi Kartika dan Amalia, Nur (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5). pp. 3163-3172. ISSN 2656-8071 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11517/1/1068-4651-1-PB.pdf