@unpublished{repository11330, title = {Pengembangan Tes Performansi Kefasihan Membaca Al Quran}, year = {2005}, school = {Universitas Negeri Jakarta}, month = {February}, note = {Unpublished}, author = {Ernawati, Ernawati}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan tes performansi kefasihan membaca Al Quran. Penelitian ini dilakukan di TKA/TPA ( Taman Pendidikan Al Quran) Bekasi dengan 150 orang santri yang dipilih secara acak. Penelitian pengembangan ini di disain dalam 2 tahap. Tahap pertama prototipe tes yang dikembangkan peneliti divalidasi oleh pakar dan praktisi. setelah 3 kali revisi instrumen tes tersebut konsisten dengan 3 indikator dengan 30 deskriptor. Selanjutnya instrumen tes divalidasi secara empiris sebagai langkah pengembangan tahap ke dua. Validasi secara empiris dilakukan melalui 2 kali uji coba. Setelah mengeliminasi beberapa item dalam ujicoba didapatkan 15 butir Item yang valid dengan nilai alpha 0,9650. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa 30 deskriptor yang dikembangkan dalam tes performansi kefasihan membaca Al Quran ini berkontribusi 68,545\% untuk indikator fasih membaca Al Quran. Hal ini menunjukkan bahwa tes performansi yang dikembangkan dalam penelitian ini valid dan reliabel.}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11330/} }