@unpublished{repository11053, school = {Universitas Muhammadiyah Prof DR. HAMKA}, title = {PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN}, month = {November}, note = {Unpublished}, year = {2016}, abstract = {Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh supervisi kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan jalur dengan dua variabel eksogen. Sedangkan data dan informasi di lapangan dijaring dengan bantuan kuesioner. Supervisi kepala sekolah memiliki pengaruh positif langsung yang signifikan terhadap kinerja guru. Dengan demikian tinggi rendahnya kinerja guru dapat dijelaskan oleh supervisi kepala sekolah. Koefisien jalur supervisi kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (X3) adalah {\ensuremath{\rho}}31 = 0,478. Dan Besarnya pengaruh positif langsung supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah KD = {\ensuremath{\rho}}312x 100\% = 0,478 x 0,478 x 100\% = 22,84\%, sisanya sebesar 77,16 \% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa "supervisi kepala sekolah berpengaruh positif secara langsung dan signifikan terhadap kinerja guru" dapat diterima. Iklim organisasi memiliki pengaruh positif langsung dan signifikan terhadap kinerja guru. Dengan demikian, kinerja guru dapat dipengaruhi oleh iklim organisasi. Koefisien jalur iklim organisasi (X2) terhadap kinerja guru (X3) adalah {\ensuremath{\rho}}32 = 0,087. Besarnya pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja guru sebesar 11.01\%. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa "iklim organisasi berpengaruh positif secara langsung dan signifikan terhadap kinerja guru" dapat diterima". Supervisi kepala sekolah memiliki pengaruh positif langsung dan signifikan terhadap iklim organisasi. Dengan demikian tinggi rendahnya iklim organisasi dapat dijelaskan oleh supervisi kepala sekolah. Koefisien jalur supervisi kepala sekolah (X1) terhadap iklim organisasi (X2) adalah {\ensuremath{\rho}}21 = 0,344. Dan Besarnya pengaruh positif langsung supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah KD = {\ensuremath{\rho}}21 2x 100\% = 0,344 x 0,344 x 100\% = 11,83\%, sisanya sebesar 88,17\% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa "supervisi kepala sekolah berpengaruh positif secara langsung dan signifikan terhadap iklim organisasi" dapat diterima. Diharapkan guru perlu meningkatkan tujuan belajar yang lebih baik yaitu baik dengan memberikan pembinaan pendidikan dan pelatihan. Kompetensi guru harus dikuasai untuk menjalankan tugas secara profesional. Serta sekolah perlu melakukan upaya-upaya yang dapat menumbuhkan iklim organisasi dan kinerja guru.}, author = {M.Arifin, Rahmanto}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11053/} }