@article{repository1093, journal = {Prodi S2 MM UHAMKA}, title = {PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENUMPANG MASKAPAI LION AIR (STUDI KASUS CALON PENUMPANG DOMESTIK DI LION TOWER, HARMONI, JAKARTA PUSAT)}, author = {Bambang, Dwi Hartono and Nendi, Juhandi and Wiwit, Aditya Nugroho}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1093/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menjelaskan pengaruh (1) harga terhadap keputusan pembelian penumpang (2) kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian penumpang (3) harga terhadap kualitas pelayanan maskapai Lion Air Metode yang digunakan adalah metode survey yaitu dengan mendapatkan data secara ilmiah. Hipopenelitian yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh positif signifikan Harga terhadap keputusan pembelian penumpang maskapai Lion Air. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian penumpang maskapai Lion Air. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan Harga terhadap Kualitas Pelayanan maskapai Lion Air. Populasi dalam penelitian ini adalah calon penumpang yang membeli tiket di Kantor Lion Air, daerah Harmoni, Jakarta Pusat +750 orang/perhari. Jumlah sampel diambil sebanyak 200 orang, terdiri dari: sampel untuk penelitian berjumlah 170 orang dan sampel untuk uji coba 30 orang. sampel tersebut menggunakan Sampling insidental. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel keputusan pembelian penumpang, harga dan kualitas pelayanan menggunakan angket penyebaran kuesioner model Skala Likert. Uji validitas dihitung dengan rumus Product Moment dan Reliabilitas dihitung dengan Alpha Cronbach. Hasil ujicoba untuk variabel keputusan pembelian sebesar 0.788, harga sebesar 0.877, kualitas pelayanan sebesar 0.891. Data dianalisis dengan statistik deskripsi dan inferensial, untuk pengujian hipopenelitian digunakan uji korelasi, regresi, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, terdapat pengaruh langsung positif signifikan harga terhadap keputusan pembelian sebesar 0,4. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif tidak signifikan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,02. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif tidak signifikan harga terhadap kualitas pelayanan tetapi tidak signifikan sebesar 0,12. Kata Kunci : Pengaruh Harga, Keputusan Pembelian, Pelayanan, Maskapai, Lion Air.} }