relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1092/ title: ANALISIS MOTIVASI BISNIS DAN IMPLEMEN STRATEGI PEMASARAN KALANGAN ANAK MUDA: STUDI KASUS DI KOMUNITAS TANGAN DI ATAS creator: Bambang, Dwi Hartono creator: Budi Permana Yusuf, Budi creator: Khairunnas, Khairunnas subject: HD Industries. Land use. Labor description: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan motivasi yang mendorong anak muda terjun ke dunia bisnis dan bergabung dengan komunitas Tangan Di Atas (TDA), serta strategi pemasaran seperti apa yang berkembang di kalangan komunitas TDA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Penelitian ini menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data, yaitu dengan mengkaji peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kondisi dan situasi sosial di lingkungan komunitas TDA. Penelitian dilakukan ketika berinteraksi langsung dengan komunitas TDA. Wawancara dilakukan dengan pengurus inti TDA dan para pendiri yang tergabung dalam Wali Amanat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa TDA adalah sebuah komunitas bisnis yang bervisi menjadi Tangan Di Atas atau menjadi pengusaha kaya yang gemar memberi kepada sesamanya. Penggunaan nama TDA merupakan perwujudan dari keyakinan pendirinya bahwa menjadi Tangan Di Atas itu lebih mulia dari pada Tangan Di Bawah (TDB). Dalam rangka mewujudkan cita-cita mulia itu, TDA mengejawantahkannya dengan semangat saling berbagi, saling mendukung dan bekerja sama dalam komunitas TDA. Semua itu telah diwujudkan dalam beberapa kegiatan di komunitas TDA. Dalam upaya membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban, TDA melakukan berbagai langkah yang dituangkan dalam misi komunitas ini, yaitu: (1) Menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan; (2) Membentuk 10.000 pengusaha miliader yang tangguh dan sukses sampai tahun 2018; (3) Menciptakan sinergi diantara sesama anggota dan antara anggota dengan pihak lain, berlandaskan prinsip high trust community; (4) Menumbuhkan jiwa sosial dan berbagi di antara anggota; (5) Menciptakan pusat sumber daya bisnis berbasis teknologi. TDA memiliki lima nilai yang senantiasa diinternalisasikan kepada para anggotanya, yaitu: (1) Silaturahim (saling mendukung, sinergi, komunikasi, kerja sama, berbaik sangka, teamwork, sukses bersama); (2) Integritas (kejujuran, transparansi, amanah, win-win, komitmen, tanggungjawab, adil); (3) Berpikiran terbuka (continuous learning, continuous improvement, kreatif, inovatif); (4) Berorientasi tindakan (semangat solutif, konsisten, persisten, berpikir dan bertindak positif, give and take, mindset keberlimpahan); (5) Fun (menjaga keseimbangan dalam hidup). Strategi pemasaran yang berkembang di komunitas TDA sangat diwarnai oleh lima visi dan nilai TDA, khususnya semangat silaturahim dan pengembangan bisnis berbasis teknologi. Saat ini hampir seluruh anggota komunitas TDA berbisnis secara online. Pemasaran online menjadi pilihan yang banyak diambil oleh komunitas TDA untuk menjual produknya. Kehadiran komunitas TDA sudah seyogyanya didukung oleh pemerintah untuk mendorong anak-anak muda terjun ke dunia bisnis. Kehadiran pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti TDA menjadi solusi untuk mengatasi tingginya angka pengangguran di Indonesia. Kata Kunci: Motivasi, Pemasaran, Komunitas, Bisnis. type: Article type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1092/1/1.%20PKDM%20Khairunnas%202016%20Analisis%20Motivasi.pdf identifier: Bambang, Dwi Hartono dan Budi Permana Yusuf, Budi dan Khairunnas, Khairunnas ANALISIS MOTIVASI BISNIS DAN IMPLEMEN STRATEGI PEMASARAN KALANGAN ANAK MUDA: STUDI KASUS DI KOMUNITAS TANGAN DI ATAS. Prodi S2 MM UHAMKA.