ANALISIS DETERMINAN KEJADIAN NYARIS CEDERA DAN KEJADIAN TIDAK DIHARAPKAN DI INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT ANAK DAN BUNDA HARAPAN KITA

Siti Dharma Azizah, SitidanRachmawati, Emma ANALISIS DETERMINAN KEJADIAN NYARIS CEDERA DAN KEJADIAN TIDAK DIHARAPKAN DI INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT ANAK DAN BUNDA HARAPAN KITA. ANALISIS DETERMINAN KEJADIAN NYARIS CEDERA DAN KEJADIAN TIDAK DIHARAPKAN DI INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT ANAK DAN BUNDA HARAPAN KITA.

[img]
Preview
Text
551-1004-1-SM.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang:. Salah satu aspek keselamatan pasien yang penting adalah keamanan makanan (food safety) dalam pelayanan gizi yang diberikan kepada pasien. Dalam pelayanan gizi yang diberikan kepada pasien ini rawan terjadi Kejadian Nyaris Cedera (KNC) dan Kejadian Tidak Diharapkan (KTD), bahkan bisa berdampak kematian. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya KNC dan KTD di Instalasi Gizi Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita. Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan desain cross sectional serta menggunakan data primer dan sekunder yang dianalisis dengan uji Chi Square. Sampel adalah seluruh karyawan di Instalasi Gizi berjumlah 35 orang. Pengambilan data dilakukan pada tahun 2014. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa ada 19 karyawan (34,29 %) yang pernah melakukan KNC dan KTD di Instalasi Gizi. Adanya hubungan yang bermakna secara statistik antara variabel pendidikan (Pv=0,030), lama kerja (Pv= 0,030), kepemimpinan (Pv= 0,028), serta kerjasama tim (Pv=0.032). Variabel lainnya yaitu kompetensi, beban kerja, sikap, motivasi, kebijakan dan prosedur, komunikasi pelaporan, peralatan, serta lingkungan kerja tidak menunjukkan hubungan yang bermakna secara statistik. Saran: Diharapkan kepada Pimpinan Rumah Sakit perlu memberikan peluang untuk meningkatkan pendidikan bagi karyawan Instalasi Gizi, serta meningkatkan peran pimpinan dan kerjasama tim melalui pertemuan rutin internal untuk mencegah terjadinya KNC dan KTD di Instalasi Gizi.

Item Type: Article
Subjects: Fakultas Ilmu Kesehatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Furqon furqon furqon
Date Deposited: 11 Mar 2020 08:51
Last Modified: 11 Mar 2020 08:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item