v3i1.6798Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Garut Menggunakan Model Discovery Learning Melalui Media Film

Ernawati, Ernawati (2021) v3i1.6798Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Garut Menggunakan Model Discovery Learning Melalui Media Film. JPPP, Vol. 3 (1). pp. 65-80. ISSN ISSN: 2528-0945,

[thumbnail of 6798-Article Text-20699-2-10-20210801.pdf] Text
6798-Article Text-20699-2-10-20210801.pdf

Download (298kB)
Official URL: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/about

Abstract

30Juli2021Abstrak. Menulis teks cerita sejarah memerlukan keterampilan siswa dalam memadukan antara fakta sejarah dengan imajinasi untuk mengembangkan alur cerita. Tujuan penelitian untuk1) mengobservasi dan merefleksi proses pembelajaran menulis teks cerita sejarah dengan menggunakan model pembelajaran discovery learningmelalui media filmdi kelas XII IPS 1 SMAN 1 Garut; 2)mengetahui dapatkah model pembelajaran discovery learningmelalui media film meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks cerita sejarahsiswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Garut. Penelitiantermasuk penelitiantindakan kelas(PTK)yang dilaksanakandalam dua siklus dengan melalui empat tahapan yakniperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksiterhadap siswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Garut yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data digunakandenganteknik observasi dan tes. Analisis data dilakukan secara interaktif yaitu melalui tahapan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi data (conclusion drawing/verification). Penelitian dapat dikatakanberhasil apabila memenuhi indikator rata-rata nilai minimal 80 dengan ketuntasan 90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berlangsung dengan lancar, kendala-kendala yang muncul pada siklus 1 dan II dapat diatasi dengan baik. Kedua,terjadi peningkatan rata-rata nilai dari 70,4pada kondisi awal, meningkat menjadi 78,3 setelah tindakan siklus I, dan meningkat lagi menjadi 88,9 padasiklus II.Hal ini berartiterjadi peningkatan sebesar 18,5 poin.Selain itu, terjadi peningkatan jumlah siswa tuntas sebanyak 69,5% dari 8 siswa (22,2%) pada kondisi awal, meningkat menjadi 24 siswa (66,7%) setelah tindakan siklus I, dan meningkat lagi menjadi 33 siswa (91,7%) padasiklus II..Kata kunci: teks cerita sejarah, discovery learning, media film

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Ernawati Ernawati
Date Deposited: 23 Aug 2021 12:11
Last Modified: 23 Aug 2021 12:11
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/9544

Actions (login required)

View Item View Item