Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr), Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2014-2019

Firza, Atikha dan Wulan, Mulyaning dan Rito, Rito (2021) Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr), Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2014-2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1602015103_ FIRZA ATIKHA.pdf] Text
FEB_AKT_1602015103_ FIRZA ATIKHA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, dan leverage terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, dan leverage. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak dengan proksi Effective Tax Rate (ETR). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi dengan tahun penelitian 2014-2019 yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekplanasi.
Hasil penelitian diperoleh berdasarkan pengolahan data menggunakan SPSS 24 dan menghasilkan persamaan regresi Y = 24,210 – 0,054 X1 – 0,003 X2 + 0,060 X3. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) secara parsial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan nilai signifikan 0,235 < 0,05. Profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan nilai signifikan 0,921 > 0,05 dan leverage secara parsial berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak dengan nilai signifikansi 0,014 < 0,05. Variabel Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, dan leverage secara simultan berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dilihat pada nilai Adjusted R Square (adjusted R2) sebesar 0,460 atau 46,0% yang artinya 46,0% variabel agresivittas dijelaskan oleh Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, dan leverage. Sedangkan sisanya 54,00% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan beberapa saran bagi peneliti selanjutnya yaitu diharapkan dapat menggunakan variabel lain yang erat kaitannya dengan agresivitas pajak dan meneliti sektor perusahaan lain agar mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik.
Pengaruh

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Akuntansi akuntansi
Date Deposited: 28 Jul 2021 13:37
Last Modified: 23 Jun 2022 02:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8960

Actions (login required)

View Item View Item