MENYOROTI SEJARAH PERJUANGAN BANGSA DALAM MENINGKATKAN NASIONALISME SISWA PENDIDIKAN DASAR DI DAERAH PERBATASAN KALIMANTAN BARAT DAN KALIMANTAN UTARA

Prima Gusti Yanti, PGYdanNini Ibrahim, Nini (2018) MENYOROTI SEJARAH PERJUANGAN BANGSA DALAM MENINGKATKAN NASIONALISME SISWA PENDIDIKAN DASAR DI DAERAH PERBATASAN KALIMANTAN BARAT DAN KALIMANTAN UTARA. In: Prosiding Kolokium Doktor dan Seminar Hasil Penelitian Hibah, 1 Desember 2018, UHAMKA, Jakarta.

[img]
Preview
Text
79-Article Text-172-1-10-20190208 (1)(1).pdf

Download (509kB) | Preview
Official URL: https://proceedings.uhamka.ac.id/index.php/psd/

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa tentang sejarah perjuangan bangsa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi sikap nasionalisme. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyoroti sejarah perjuangan bangsa dalam meningkatkan nasionalisme bagi siswa pendidikan dasar di daerah perbatasan negara, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara. Penelitian ini akan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk mengolah data tentang rasa nasionalisme peserta didik di SD dan SMP di wilayah perbatasan Provinsi Kalimantan Barat dengan Malaysia. Proses pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuesioner dan wawancara.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terkait dengan sejarah perjuangan bangsa setiap sekolah secara umum masih perlu ditingkatkan dengan optimal. Kepala sekolah harus memiliki langkah-langkah nyata untuk meningkatkan pemahaman ini, sehingga terbentuk rasa nasionalisme yang tinggi. Guru-guru disekolah sudah melakukan tugas dan tanggung jawab mengajar sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan. Akan tetapi, untuk daerah-daerah perbatasan masih memerlukan tindakan-tindakan khusus agar nasionalisme siswa menjadi tinggi.Untuk menunjang peningkatan rasa nasionalisme yang tinggi, diperlukan bahan ajar atau materi yang terkait dengan sejarah perjuangan bangsa, sehingga terbentuk rasa nasionalisme yang tinggi. Bahan ajar tersebut merupakan suplemen untuk kurikulum utama (Kurikulum 2013) yang ada di tanah air saat ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > School of Education
Depositing User: Dr. Prima Gusti Yanti
Date Deposited: 27 Jan 2020 08:22
Last Modified: 27 Jan 2020 08:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item