Laporan Penelitian Integrasi Nilai-nilai Karakter Melalui Pola Sinergitas Antara Guru dan Orangtua Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.

Sri Astuti, AstutidanPuri, PramudianidanKhusniyati, MasykurohdanSyafika, Ulfah (2021) Laporan Penelitian Integrasi Nilai-nilai Karakter Melalui Pola Sinergitas Antara Guru dan Orangtua Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. -. (Unpublished)

[img] Text
_Laporan Sinergitas Integrasi Karakter.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan pola sinergitas antara guru dan orang tua dalam integrasi nilia-nilai karakter pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kombinasi yang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket dan wawancara. Responden penelitian ini adalah guru dan orangtua siswa dari tiga Sekolah Dasar Muhammadiyah yaitu SD Muhammadiyah Bojonggede Provinsi Jawa Barat, SD Muhammadiyah 24 Rawamangun Provinsi DKI Jakarta, dan SD Muhammadiyah 12 Pamulang Provinsi Banten. Responden berjumlah 25 guru dan 141 orangtua. Angket menggunakan skala likert, dan data yang didapatkan dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan dilanjutkan dengan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pada indikator pembimbingan karakter, sinergitas guru dan orang tua di tiga sekolah tersebut sudah berjalan baik, keduanya telah bersama-sama memberikan pembimbingan karakter kepada anak. Sedangkan untuk indikator penilaian karakter dan menjalin komunikasi terdapat perbedaan pola sinergitas antara guru dan orangtua di ketiga sekolah tersebut

Item Type: Other
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Khusniyati Masykuroh
Date Deposited: 22 May 2021 02:05
Last Modified: 22 May 2021 02:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8503

Actions (login required)

View Item View Item