PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Connie Chairunnisa, ConniedanIstayatiningtias, IisdanAnen Tumanggung, Anen (2019) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Mitra Wacana Media, Bogor. ISBN 978-602-318-429-3

[img]
Preview
Text
Pengembangan Model Pendidikan Karakter di sekolah Menengah Pertama.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara yang baik, dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh jiwa dan raga. Selama ini pendidikan karakter di sekolah terintergrasi pada bidang studi agama, dan bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan (PPkn), belumadapegangankhususbagigurudalammengajarkanpendidikankarakter, dan belum ada model yang pas agar peserta didik dapat meningkatkan kecerdasan emosinya. Kecerdasan emosi merupakan bekal penting dalam mempersiapkan anak menyosong masa depan, sehingga diharapkan siswa lebih mudah dan berhasil mengahadapi segala macam tantangan kehidupan, termasuk tantangan untukberhasil secara akademis.Buku ini mengupas tentang 9 indikator pendidikan karakteryangberasaldarinilai-nilailuhuruniversal(CintaTuhan,Kemandirian dan Tanggung Jawab, Kejujuran, Hormat dan Santun, Dermawan, Percaya Diri dan Pekerja Keras, Kepemimpinan dan Keadilan, Baik dan rendah hati, Toleransi, KedamaiandanKesatuan).Kesembilanpilarkarakter tersebut,diajarkansecara sistematis dalam model pendidikan holistik menggunakan metode knowingthe good, feeling the good, dan acting the good.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: admin repository uhamka
Date Deposited: 31 Dec 2019 04:34
Last Modified: 31 Dec 2019 05:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item