Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Konsep Ekskresi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP 1 Delima

IRDALISA, IRDALISA (2018) Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Konsep Ekskresi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP 1 Delima. Jurnal Sosial Humaniora, 1 (1). pp. 1-98.

[thumbnail of jurnal efektifitas.pdf]
Preview
Text
jurnal efektifitas.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada konsep ekskresi di SMP, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu suatu pendekatan yang menggambarkan hubungan antara variable. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas
SMP Negeri 1 Delima yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode kooperatif tipe jigsaw dan kelas SMP Negeri 1 Delima berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode Konvensional.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep ekskresi yang diajarkan dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan penerapan metode pembelajaran konvensional, maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada konsep ekskresi di kelas

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > DF Greece
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dr. Irdalisa Irdalisa
Date Deposited: 05 Apr 2021 10:45
Last Modified: 05 Apr 2021 10:45
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8123

Actions (login required)

View Item View Item