MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA DASAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MAHASISWA SEMESTER SATU DI FFS UHAMKA

Wati Sukmawati, Wati MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA DASAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MAHASISWA SEMESTER SATU DI FFS UHAMKA. MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA DASAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MAHASISWA SEMESTER SATU DI FFS UHAMKA.

[img]
Preview
Text
84-Article Text-177-1-10-20190208.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa melalui metode pembelajaran discovery kimia dasar semester satu Fakultas Farmasi dan Sains Prodi Farmasi Tahun 2018. Latar belakang masalah penelitian ini adalah berdasarkan observasi awal prosentase hasil belajar mahasiswa masih rendah dapat dilihat dari hasil ujian dari beberapa kelas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa adalah dengan menerapkan Metode Pembelajaran discovery dengan kerja kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa melalui Metode Pembelajaran interaktif dengan kerja kelompok di FFS UHAMKA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus kegiatan. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan mencakup kegiatan: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester I. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kinerja belajar mahasiswa meningkat setelah melaksanakan proses pembelajaran kimia dasar menggunakan Metode Pembelajaran interaktif. 2) Prestasi belajar mahasiswa meningkat setelah mengalami pembelajaran interaktif dengan tugas kelompok. Pada siklus I prestasi yang mencapai ketuntasan sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 100%. Dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 25%.

Item Type: Article
Subjects: Fakultas Agama Islam > R Medicine (General)
Fakultas Agama Islam > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > School of Medicine
Depositing User: Furqon furqon furqon
Date Deposited: 19 Dec 2019 05:49
Last Modified: 19 Dec 2019 05:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item