PENGARUH KOMBINASI SUKROSADAN FRUKTOSA CAIR SEBAGAI PEMANIS TERHADAP SIFAT FISIK KEMBANG GULA JELI SAR BUAH PARE (Sfomordica cfzaranfia L.)

Ari, Widayanti and Naniek Setiadi, Rajab and Rizka Annisa, Damayanti PENGARUH KOMBINASI SUKROSADAN FRUKTOSA CAIR SEBAGAI PEMANIS TERHADAP SIFAT FISIK KEMBANG GULA JELI SAR BUAH PARE (Sfomordica cfzaranfia L.). PENGARUH KOMBINASI SUKROSADAN FRUKTOSA CAIR SEBAGAI PEMANIS TERHADAP SIFAT FISIK KEMBANG GULA JELI SAR BUAH PARE (Sfomordica cfzaranfia L.).

[img]
Preview
Text
Farmasains April 2013.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Buah pare [Momordica charantia L) secara tradisional digunakan sebagai peluruh dahak, menambah nafsu makan, penurun panas dan penyegar badan. Adapun kandungan dari buah pare diantaranya karantin, hydroxytryptamine, glikosida cucurbitacin, vitaminA, B dan C. Penelitian ini menggunakan kombinasi sukrosa dan fruktosa cair sebagai pemanis dengan penambahan NaCl pada buah pare dalam pembuatan kembang gula jeli. Perbandingan antara sukrosa dan fruktosa cair adalah 1:2. Penggunaan kombinasi sukrosa dan fruktosa dalam kembang gula jeli divariasikan dari konsentrasi 25, 30, 35 dan 40°A. Parameter yang diamati untuk mengetahui sifat fisik kembang gula jeli meliputi kekerasan, kelengketan dan kekenyalan serta uji kesukaan untuk melihat tingkat kesukaan panelis terhadap produk yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi konsentrasi sukrosa dan fruktosa cair yang digunakan dalam pembuatan kembang gula jeli akan mengakibatkan penurunan kekerasan dan kekenyalan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemanis akan mempengaruhi sifat fisik kembang gula jeli yang dilihat dari kekerasan dan kekenyalan. Data uji chi-square dengan menggunakan panelis berjumlah 20 orang dapat disimpulkan bahwa tingkat kemanisan yang disukai panelis adalah formula 4 dan untuk tingkat penampilan panelîs lebih menyukai formula 1.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Furqon furqon furqon
Date Deposited: 04 Feb 2019 02:42
Last Modified: 04 Feb 2019 02:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item