DARI KEMERDEKAAN PERS MENUJU PERSAINGAN BISNIS INDUSTRI MEDIA MASSA

Bambang, Dwi Hartono (2002) DARI KEMERDEKAAN PERS MENUJU PERSAINGAN BISNIS INDUSTRI MEDIA MASSA. DARI KEMERDEKAAN PERS MENUJU PERSAINGAN BISNIS INDUSTRI MEDIA MASSA, 1 (2). ISSN 1411 - 702

[thumbnail of Jurnal Ilmiah KOMUNIKA Volume 2 Nomor 2 2002.pdf]
Preview
Text
Jurnal Ilmiah KOMUNIKA Volume 2 Nomor 2 2002.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kemerdekaan pers rnerupakan bagian tak terpisahkan dari pesatnya industri media rnassa. Kemerdekaan pers mutlak diperlukan bukan hanya bagi kepentingan pers dalan menciptakan produk yang menarik sesuai kebutuhan masyarakat/ pelanggan, tapi juga merupakan satu wujud kedaulatan rakyat yang berazaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan dan supremasi hukum. Sejarah menunjukkan bahwa kita tidak memiliki budaya atau tradisi melindungi kemerdekaan pers. Pada 7 Agustus 1744 media pertama di Nusantara "Bataviasche Nouvelles en Politique Raisonnementen" diluncurkan dan dua tahun kemudian surat kabar itu dilarang terbit. Selanjutnya pembredelan terhadap penerbitan pers, yang dinilai tidak sesuai dengan kepentingan kekuasaan menjadi biasa pada zaman pernerintahan kolonial Belanda dan pendudukan jepang

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: admin repository uhamka
Date Deposited: 14 Dec 2018 08:40
Last Modified: 14 Dec 2018 08:40
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item