KOMBINASI EKSTRAK ETANOL RIMPANG Zingiber officinale Roscoe DENGAN Zn SEBAGAI HIPOLIPIDEMIA PADA MENCIT DIABETIKDIET TINGGI KOLESTEROL

Hadi Sunaryo, Hadi and Siska, Siska and Dwitiyanti, Dwitiyanti and Rizky Arcinthya R, Rizky (2014) KOMBINASI EKSTRAK ETANOL RIMPANG Zingiber officinale Roscoe DENGAN Zn SEBAGAI HIPOLIPIDEMIA PADA MENCIT DIABETIKDIET TINGGI KOLESTEROL. Media Farmasi Jurnal Ilu Farmasi, 11 (1).

[img]
Preview
Text
Media Farmasi Jurnal Ilmu Farmasi Vol 11 No 1 Maret 2014 - Kombinasi Ekstrak Etanol Rimpang Dengan Zn.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Hiperlipidemia sering dijumpai pada penderita diabetes mellitus (DM), sehingga terapi hiperglikemia dan hiperlipidemia sering menggunakan kombinasi obat DM dan obat penurun kolesterol. DM maupun hiperkolesterolemia akan meningkatkan stress oksidatif yang dapat memacu terbentuknya LDL teroksidasi (LDL-oks). Terapi pasien DM dengan hiperlipidemia perlu penambahan antioksidan. Jahe merupakan rimpang asli Indonesia yang memiliki potensi antioksidan. Efek antioksidan yang dimiliki jahe ini dapat ditingkatkan dengan penambahan zinc. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektivitas kombinasi ekstrak etanol rimpang jahe(Zingiber officinale Roscoe) dengan Zink (Zn) sebagai hipolipidemia, dengan pengukuran LDL teroksidasi dan kolesterol total pada mencit diabetik yang diberi diet tinggi kolesterol. Penelitian ini menggunakan 48 ekor mencit, dibagi menjadi 8 kelompok. Kelompok tersebut terdiri dari kelompok kontrol normal, kontrol negatif, dan kontrol positif serta kelompok variasi dosis uji yaitu ekstrak rimpang jahe dosis 37,5 mg/kg BB, zink 20 mg/kgBB, dosis 1 (37,5 mg/kg BB) + Zn (20 mg/kg BB), dosis 2 (75 mg/kgBB) + Zn (20 mg/kg BB), dosis 3 (150 mg/kgBB) + Zn (20 mg/kg BB) tiap kelompok diberikan zat uji selama 14 hari kemudian dilakukan pengukuran kadar glukosa darah, LDL dan kolesterol total. Hasil dari penelitian ini, kombinasi ekstrak jahe gajah dengan zink dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL sebanding dengan atorvastatin dosis 0,114 mg/20g BB mencit.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: admin repository uhamka
Date Deposited: 28 May 2018 07:44
Last Modified: 28 May 2018 07:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item View Item