Kajian Grand Design Pembangunan Kesehatan Kabupaten Sukabumi Tahun Anggaran 2016 [Review of Grand Design of Sukabumi District Health Development in Fiscal Year 2016]

Asyary, Al and Veruswati, Meita and Ichsan, Taufik Kajian Grand Design Pembangunan Kesehatan Kabupaten Sukabumi Tahun Anggaran 2016 [Review of Grand Design of Sukabumi District Health Development in Fiscal Year 2016]. Project Report. Sukabumi Municipal Health Offices. (Unpublished)

[img] Text
Laporan akhir Grand Desain Sukabumi_Al.docx

Download (626kB)

Abstract

Kajian ini dilakukan untuk mengetahui jumlah, mutu dan penyebaran tenaga kesehatan terutama di Puskesmas dan jaringannya, kebijakan perencanaan, pengadaan, penempatan dan pelatihan tenaga kesehatan beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya di Kab Sukabumi. Dalam hal perencanaan, kajian merekomendasikan sosialisasi yang lebih intensif tentang metode perencanaan. Dalam hal pengadaan, kebijakan nasional pengadaan dokter di Puskesmas yang masih banyak yang kosong perlu mendapat prioritas. Untuk meningkatkan tenaga kesehatan di kecamatan terpencil, perlu diperhatikan masalah insentif, fasilitas serta kemudahan karir. Peran serta Pemda dalam ketenagaan kesehatan di Puskesmas lebih ditingkatkan lagi terutama pemberian insentif yang lebih baik, sehingga tenaga kesehatan di Puskesmas dapat bekerja lebih baik dan merasa betah bekerja di daerah. Berdasarkan hasil analisis bivariat, secara inferensial diperoleh beberapa program/kegiatan secara signifikan berbeda antara jumlah yang saat ini ada (existing condition) dengan kebutuhan yang ideal (needed environment) SDM kesehatan puskesmas se-Kabupaten Sukabumi (nilai p < 0,05). Hal ini apabila jumlah yang dibutuhkan terpenuhi artinya dapat meningkatkan kecenderungan kapasitasi maupun kinerja puskesmas se Kabupaten Sukabumi. Pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi sangat memerlukan keberadaan peraturan daerah sebagai dasar rujukan mengelola sumber daya manusia kesehatannya sendiri dengan lebih baik. Perda ini akan berkontribusi meningkatkan akses kesehatan, kualitas, efisiensi dan efektifitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Dr Al Asyary
Date Deposited: 12 Dec 2017 06:10
Last Modified: 12 Dec 2017 06:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item