Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Biologi

Luthpi Safahi, Luthpi (2015) Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Biologi. The Journal of Educations, Mathematics, Science, and Technology, 7 (1). pp. 58-64. ISSN 1411-5166

[img]
Preview
Text
Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Biologi.pdf

Download (854kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang menggunakan metode Quasi Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle terhadap keterampilan proses sains mahasiswa dalam matakuliah Vertebrata. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi semester IV pada tahun akademik 2011/2012. Penguasaan kemampuan keterampilan proses sains (KPS) diukur melalui tes KPS berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal untuk mengukur pemilikan tujuh jenis KPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle pada kemampuan KPS kelas eksperimen cenderung berbeda signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dari penggunaan model pembelajaran Learning Cycle kemampuan beberapa jenis KPS responden dapat terlatih. Hal ini tampak dari persentase rata-rata untuk setiap jenis KPS, diantaranya KPS observasi (97%), KPS klasifikasi (64%), dan KPS aplikasi (61%). Model pembelajaran Learning Cycle lebih cocok digunakan pada matakuliah yang mempunyai karakteristik yang sama dengan matakuliah vertebrata. Model pembelajaran Learning Cycle kemampuan KPS mahasiswa cenderung berbeda nyata daripada model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Learning Cycle, Keterampilan Proses Sains (KPS)

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: admin repository uhamka
Date Deposited: 15 Aug 2017 02:29
Last Modified: 15 Aug 2017 02:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item