Pengaruh Realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Angkatan Kerja dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Propinsi Bangka Belitung

Budi Permana Yusuf, Budi (2011) Pengaruh Realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Angkatan Kerja dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Propinsi Bangka Belitung. Project Report. LPPM, Jakarta.

[img]
Preview
Text
PENANAMAN MODAL.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pembangunan ekonomi Indonesia adalah terciptanya masyarakat yang adil dan makmur. Pengertian adil dan makmur ini sebenamya relatif, sehingga sulit dikuantifikasikan secara definitif. Pertumbuhan ekonomi yang mantap (steady growth) dengan hasil pertumbuhan ekonomi yang dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan bukannya segolongan elit masyarakat saja, merupakan dua hal yang amat dikehendaki (Soelistyo, dkk, 1981). Pembangunan ekonomi adalah serangkaian usaha untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, memperluas lapangan pekerjaan, pemerataan pembagian pendapatan, meningkatkan hubungan ekonomi antar daerah atau wilayah dan mengupayakan terjadinya pergeseran kegiatan ekonomi yang semula dari sektor primer, yaitu sektor yang bergantung pada jenis lapangan usaha pertanian serta pertambangan dan penggalian kepada sektor sekunder (lapangan usaha industri pengolahan, listrik, gas dan air minum, konstruksi atau bangunan) serta sektor tersier (lapangan usaha perdagangan, hotel dan restoran, angkutan dan komunikasi, bank/lembaga keuangan, perusahaan persewaan, jasa pemerintahan dan jasa swasta). Pertumbuhan ekonomi merupakan masalah perekonomian suatu negara dalam jangka panjang. Pertumbuhan ekonomi mengukur prestasi dari perkembangan suatu perekonomian dari suatu periode ke periode berikutnya. Dari satu periode ke periode lainnya kemampuan suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa akan meningkat yang disebabkan oleh faktor-faktor produksi yang selalu mengalami pertambahan dalam jumlah dan kualitasnya. Menurut Sukirno (2004) dalam analisis makro, tingkat pertumbuhan ekonomi yang dicapai oleh suatu negara diukur dari perkembangan pendapatan nasional riil yang dicapai suatu negara/daerah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: admin repository uhamka
Date Deposited: 04 May 2017 08:20
Last Modified: 04 May 2017 08:20
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item