Analisis Kemampuan Pedagogy Knowledge (PK) Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Konsep Genetika dan Ekologi

Mega Elvianasti, Mega dan Widi Purwianingsih, Widi dan Riandi, Riandi dan Ari Widodo, Ari (2016) Analisis Kemampuan Pedagogy Knowledge (PK) Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Konsep Genetika dan Ekologi. Sigma, 8 (1). pp. 1-7. ISSN 1411-5166

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pedagogy Knowledge-12082020.pdf]
Preview
Text
Analisis Kemampuan Pedagogy Knowledge-12082020.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

PK adalah pengetahuan yang mendalam tentang proses dan praktik atau metode pengajaran dan pembelajaran serta hal lain yang meliputi keseluruhan tujuan pendidikan, dan nilai-nilai. PK ini adalah bentuk generik pengetahuan yang melibatkan semua masalah belajar siswa, pengelolaan kelas, rencana pengembangan pembelajaran dan implementasi, serta evaluasi terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan Pedagogy Knowledge (PK) mahasiswa calon guru Biologi pada konsep genetika dan ekologi dilihat berdasarkan tes penguasaan pedagogi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, diukur dengan pemberian tes berupa 27 butir soal pilihan ganda. Soal tersebut dikembangkan berdasarkan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Secara umum penguasaan pedagogi mahasiswa calon guru rendah terkait identifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran biologi,teori belajar dalam pembelajaran, pengembangan instrumen penilaian dan evaluasi proses serta hasil belajar pada biologi dan calon guru belum bisa menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Namun, pada umumnya calon guru memiliki penguasaan yang baik dalam memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spritual, dan latar belakang sosial-budaya dan calon guru sudah mampu menentukan tujuan pembelajaran serta calon guru sudah memahami penggunaan media pembelajaran dan sumber belajaryang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuanpembelajaran secara utuh.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > DF Greece
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mega Elvianasti
Date Deposited: 13 Aug 2020 11:58
Last Modified: 13 Aug 2020 11:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1515

Actions (login required)

View Item View Item