Profil kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya kognitif reflective dan impulsive

Miatun, AsihdanNurafni, Nurafni (2019) Profil kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya kognitif reflective dan impulsive. Profil kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya kognitif reflective dan impulsive, 6 (2). pp. 150-164. ISSN 2356-2684 (print), 2477-1503 (online)

[img]
Preview
Text
3 JRPM Asih.pdf

Download (750kB) | Preview
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah openended ditinjau dari gaya kognitif reflective dan impulsive. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru pada Program Studi Pendidikan matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu. Data dianalisis menggunakan metode perbandingan tetap (constant comparative method) dengan langkah (1) reduksi data dan kategorisasi, (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat indikator kemampuan berpikir kreatif matematis, mahasiswa dengan gaya kognitif reflective mampu memenuhi aspek kelancaran dan keterincian, yaitu menjawab soal dengan lebih lancar, mampu menjelaskan hubungan sebab akibat antar konsep yang digunakan, serta lebih rinci dan runtut dalam menjawab dan menjelaskan jawaban tertulisnya, dibandingkan dengan mahasiswa dengan gaya kognitif impulsive. Indikator aspek keluwesan dan kebaruan masih belum bisa terpenuhi karena mahasiswa dengan gaya kognitif reflective dan impulsive baru mampu menjawab pertanyaan menggunakan satu cara saja dan belum menggunakan strategi baru.

Item Type: Article
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Depositing User: Asih Miatun
Date Deposited: 11 Aug 2020 08:09
Last Modified: 11 Aug 2020 08:09
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1423

Actions (login required)

View Item View Item