Penetrasi Sosial dalam Komunikasi Antarpribadi Produser terhadap Host Acara Sentilan Sentilun di Metro TV

Julaiha, Julaiha dan MUSTIKA, SRI dan Basuki, Maryono (2021) Penetrasi Sosial dalam Komunikasi Antarpribadi Produser terhadap Host Acara Sentilan Sentilun di Metro TV. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_1106015062_WINDY FEBRI DALANI.pdf] Text
FISIP_ILKOM_1106015062_WINDY FEBRI DALANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia selalu ingin menjalin hubungan dengan sesamanya, untuk itu komunikasi memegang peranan penting. Dalam suatu program acara terdapat beberapa hubungan yang akan tercipta. Misalnya pada program acara Sentilan Sentilun di Metro TV, dimana produser dan host memiliki suatu hubungan yang berperan dalam mensukseskan acara tersebut. Adanya hubungan yang mereka miliki membuat peneliti ingin melakukan penelitian bagaimana bentuk hubungan komunikasi antarpribadi yang terjalin antara produser terhadap host. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penetrasi sosial dalam komunikasi antarpribadi produser terhadap host pada program acara Sentilan Sentilun di Metro TV.
Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori penetrasi sosial yang menjelaskan tentang kedekatan suatu hubungan antara dua orang atau lebih, dan model Jendela Johari yang menjelaskan tingkat keterbukaan dalam suatu hubungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara secara langsung terhadap produser dan host, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian akan di analisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses teori penetrasi pada penelitian ini berlangsung melalui kedekatan antarpribadi yang secara bertahap dan berurutan yang dimulai dari tahap biasa-biasa saja hingga tahap yang lebih akrab. 2) Model jendela Johari pada komunikasi antarpribadi terhadap host sudah berada dalam daerah dimana mereka sudah saling membuka diri (open self). 3) Proses penetrasi sosial dan berdasarkan Jendela Johari, komunikasi antarpribadi produser terhadap host pada program Sentilan Sentilun di Metro TV sudah terjalin komunikasi yang lebih dekat dan akrab, memiliki hubungan yang simetris, dan memiliki keharmonisan yang baik.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi motivasi bagi banyak pihak untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam terkait dengan hubungan antara produser terhadap host dengan menggunakan beberapa teori atau metode dalam konteks komunikasi. Peneliti juga berharap dari hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi para produser agar dapat menciptakan suatu proses penetrasi dalam komunikasi antarpribadi dengan host sehingga mampu berinteraksi secara efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Uhamka
Date Deposited: 30 Sep 2021 13:25
Last Modified: 15 Jun 2022 08:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11664

Actions (login required)

View Item View Item