Pengembangan Tes Performansi Kefasihan Membaca Al Quran

Ernawati, Ernawati (2005) Pengembangan Tes Performansi Kefasihan Membaca Al Quran. Doctoral thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[thumbnail of disertasi ERNAWATI.pdf] Text
disertasi ERNAWATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan tes performansi kefasihan membaca Al Quran.
Penelitian ini dilakukan di TKA/TPA ( Taman Pendidikan Al Quran) Bekasi dengan 150 orang santri yang dipilih secara acak.
Penelitian pengembangan ini di disain dalam 2 tahap. Tahap pertama prototipe tes yang dikembangkan peneliti divalidasi oleh pakar dan praktisi. setelah 3 kali revisi instrumen tes tersebut konsisten dengan 3 indikator dengan 30 deskriptor. Selanjutnya instrumen tes divalidasi secara empiris sebagai langkah pengembangan tahap ke dua. Validasi secara empiris dilakukan melalui 2 kali uji coba. Setelah mengeliminasi beberapa item dalam ujicoba didapatkan 15 butir Item yang valid dengan nilai alpha 0,9650.
Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa 30 deskriptor yang dikembangkan dalam tes performansi kefasihan membaca Al Quran ini berkontribusi 68,545% untuk indikator fasih membaca Al Quran. Hal ini menunjukkan bahwa tes performansi yang dikembangkan dalam penelitian ini valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Ernawati Ernawati
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:56
Last Modified: 15 Sep 2021 07:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11330

Actions (login required)

View Item View Item