PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN

M.Arifin, Rahmanto (2016) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR. HAMKA.

[thumbnail of TESIS_M.ARIFIN R.pdf] Text
TESIS_M.ARIFIN R.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh supervisi kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan jalur dengan dua variabel eksogen. Sedangkan data dan informasi di lapangan dijaring dengan bantuan kuesioner.
Supervisi kepala sekolah memiliki pengaruh positif langsung yang signifikan terhadap kinerja guru. Dengan demikian tinggi rendahnya kinerja guru dapat dijelaskan oleh supervisi kepala sekolah. Koefisien jalur supervisi kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (X3) adalah ρ31 = 0,478. Dan Besarnya
pengaruh positif langsung supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah KD = ρ312x 100% = 0,478 x 0,478 x 100% = 22,84%, sisanya sebesar 77,16 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa “supervisi kepala sekolah berpengaruh positif secara langsung dan signifikan terhadap kinerja guru” dapat diterima. Iklim organisasi memiliki pengaruh positif langsung dan signifikan terhadap kinerja guru. Dengan demikian, kinerja guru dapat dipengaruhi oleh iklim organisasi. Koefisien jalur iklim organisasi (X2) terhadap kinerja guru (X3) adalah ρ32 = 0,087. Besarnya pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja guru sebesar 11.01%. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “iklim organisasi berpengaruh positif secara langsung dan signifikan terhadap kinerja guru” dapat diterima”.
Supervisi kepala sekolah memiliki pengaruh positif langsung dan signifikan terhadap iklim organisasi. Dengan demikian tinggi rendahnya iklim organisasi dapat dijelaskan oleh supervisi kepala sekolah. Koefisien jalur supervisi kepala sekolah (X1) terhadap iklim organisasi (X2) adalah ρ21 = 0,344. Dan Besarnya pengaruh positif langsung supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah KD = ρ21
2x 100% = 0,344 x 0,344 x 100% = 11,83%,
sisanya sebesar 88,17% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “supervisi kepala sekolah berpengaruh positif secara langsung dan signifikan terhadap iklim organisasi” dapat diterima.
Diharapkan guru perlu meningkatkan tujuan belajar yang lebih baik yaitu baik dengan memberikan pembinaan pendidikan dan pelatihan. Kompetensi guru harus dikuasai untuk menjalankan tugas secara profesional. Serta sekolah perlu melakukan upaya-upaya yang dapat menumbuhkan iklim organisasi dan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Arifin Rahmanto
Date Deposited: 08 Sep 2021 05:58
Last Modified: 08 Sep 2021 05:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11053

Actions (login required)

View Item View Item